2019 -> 2020

January 15, 2020


Apa yang dibilang orang-orang itu bener ternyata, "time really does fly when are getting older". Baru kemarin tahun baru, lalu tau-tau 2019-nya selesai sudah, dan....yayy tahun baru lagi.

Di blog tahun lalu, saya tulis, "2018 was tough". Dan ternyata 2019 terasa lebih tough lagi. Yang saya pengenin dari tahun lalu sebenernya ga berubah: ketentraman dan kedamaian. Mungkin, tahun kemarin itu saya terlalu banyak nyalahin diri sendiri yang overthinking. Tapi makin sini makin sadar, kalau hidup itu memang tentang perjuangan. Kejadian-kejadian yang ada memang buat dipikirin, dicari jalan keluarnya. Mungkin gapapa kalau sekali-kali butuh istirahat, butuh ketenangan karena yang dirasa terlalu bising. Tapi besoknya bisa bangkit lagi, struggling lagi, mikir lagi.

Saya juga belajar banyak tentang sabar dari 2019. Oh iya, tentang ikhlas juga. Sabar dan ikhlas harus barengan ya menurut saya. Banyak banget rencana-rencana yang belum bisa terlaksana, dan itu bukan salah siapa-siapa. Life sucks, indeed. Tapi ada kalanya life ini juga bisa maniiiss banget. Yang penting berproses dan menikmatinya.

Kalau gagal, harus ikhlas. Kalau rencana belum bisa kecapai, harus sabar. Bukan juga akhirnya nyari pembenaran. Kenapa plan A ga bisa terlaksana? Karena B, C, D sampai Z. Bukan gitu. Alasan gampang buat dicari. Tapi gimana saya menyiasatinya, terus sekarang mau gimana, itu lebih penting. Makanya di tahun 2019 berasa banget makna kata sabar dan ikhlas itu. Kegagalan sih udah sering ngalamin pastinya dari dulu juga. Tapi sikap untuk nanggapin kegagalan ini, yang bener-bener saya pelajari banget di 2019.

2019 ga melulu soal kegagalan. Banyak juga hal yang saya pengenin, akhirnya bisa kecapai juga di tahun lalu. Banyak juga nemu kesenangan baru kayak belajar rawat tanaman (meskipun endingnya ada yang mati juga), atau beli perintilan dekor/furniture buat di apartemen. Banyak lah yang bikin senang.

Resolusi? Udah punya dong, dan semoga cukup spesifik ya, jadi mudah juga realisasinya. Tapi saya ga akan bahas resolusi di sini. Cukup belajar buat dilakukan. Semoga bisa konsisten, sampai endingnya bisa kecapai goal-goalnya. Dan yang pasti juga, saya akan terusin buat belajar ikhlas dan sabar, biar cepet move on kalau kehalang sama yang namanya kegagalan. Ga berlarut-larut, nyalahin ini itu, atau diri sendiri. Doakan!


May I say it again?
Wish me luck, for a better me, a happier me in 2020.



anggielian

You Might Also Like

0 comments